Elegant Rose

Minggu, 16 Februari 2014

Tips Fotografi Singkat Untuk Pemula

  1. Untuk melatih kemampuan panning anda cobalah memotret benda yang sedang bergerak dengan kecepatan normal, naik motor misalnya. Gunakan mode shutter priority dan set shutter maksimal 1/30 detik. Lebih lambat lebih baik. Perhatikan background anda.
  2. Untuk memotret makro (jarak super dekat), aktifkan fitur Live View kamera digital anda agar lebih mudah memeriksa depht of field dan fokus.
  3. Filter CPL (polarisasi) sangat berguna untuk menghilangkan pantulan sinar matahari di air dan kaca, juga berfungsi untuk memperbaiki warna langit.
  4. Saat memotret bayi dan anak-anak pastikan anda memusatkan perhatian pada mata, karena tidak ada yang bisa mengalahkan keindahan mata bayi dan anak-anak.
  5. Megapiksel bukanlah fitur terpenting dari sebuah kamera, ukuran sensorlah yang menjadi fitur paling penting.
  6. Untuk foto wajah di luar ruangan usahakan saat cuaca sedang mendung, jika tidak carilah tempat yang redup dan tidak terkena sinar matahari secara langsung karena sinar matahari membuat bayangan keras di wajah.
  7. Ketika memotret di kondisi yang minim cahaya sebaiknya gunakan manual fokus karena biasanya mode autofokus sulit mencari titik fokus dalam keadaan remang-remang.
  8. Untuk foto siluet pastikan anda matikan flash serta gunakan mode sunset untuk kamera pocket, untuk SLR gunakan mode manual dan ukurlah exposure di area terang di belakang objek.
  9. Downloadlah buku manual versi pdf untuk kamera anda agar anda dapat dengan mudah menemukan kata yang anda cari daripada harus membolak balik halaman kertas.
  10. Sebelum berangkat memotret periksa kembali settingan kamera anda, jangan sampai menggunakan setting yang salah. Menurut fotografer pro, urutan pengecekan yang benar adalah : cek White Balance – aktifkan fitur Highlight warning – cek settingan ISO – cek ukuran Resolusi foto anda.
  11. Formatlah memory card anda di kamera, jangan pernah memformat memory card di komputer. Selain lebih cepat dan jauh lebih aman jika melakukannya di kamera anda.
  12. Jika anda memiliki kapasitas hardisk beerlebih di komputer dan suka melakukan foto editing, gunakan format foto RAW, jika tidak cukup gunakan format JPG.
  13. Jika anda benar-benar menyukai fotografi landscape memotretlah di jam-jam berikut : jam 5 sampai jam 8 pagi, jam  4 sampai jam 7 sore.
  14. Ketika memotret perhatikan area yang paling terang di viewfinder anda, jika terlalu terang gantilah sudut pemotretan.
  15. Untuk memotret HDR gunakan mode autobracket dan tunggulah saat mendung sedikit untuk hasil foto HDR landscape yang dahsyat.
  16. Jika anda membeli kamera atau lensa bekas, anda harus bertemu dengan penjualnya langsung, anda harus menguji barangnya, memegang dan mencobanya.
  17. Selama masih memungkinkan gunakan settingan ISO serendah mungkin. Meskipun nosie reduction bisa mengurangi noise yang dihasilkan namun akan mengurangi detail foto secara keseluruhan.
  18. Kalau warna terlalu membuat foto anda “sibuk” dan ramai, gunakan foto hitam putih.
  19. Untuk menghasilkan foto hitam putih yang bagus perhatikan kontrasnya, semakin banyak kontrasnya maka semakin bagus foto yang dihasilkan.
  20. Bawalah kamera kemanapun anda pergi, cara paling baik untuk meningkatkan kemampuan fotografi adalah dengan memperbanyak jam terbang.
Mau jaket keren ini ? Klik http://www.juragan-jaket.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar