Elegant Rose

Sabtu, 15 Februari 2014

Teknik Dasar Fotografi

Zooming adalah teknik pemotretan dengan memanfaatkan fasilitas ring zoom pada kamera. Zoom in membuat gambar tampak lebih dekat, sedangkan zoom out membuat gambar tampak lebih jauh. Memotret zooming membutuhkan speed yang lambat dan pastikan objek dalam keadaan fokus. Setelah speed ditentukan maka lanjutkan dengan mengatur diafragma menyesuaikan speed agar mendapatkan pencahayaan yang normal. Setelah mendapatkan pencahayaan yang normal jepret shutter bersamaan dengan memutar ring zoom. Jika kesulitan bisa menggunakan filter radial zoom atau tripod.

Panning adalah teknik pemotretan untuk mendapatkan efek gerak pada objek yang bergerak. Hasil dari teknik panning adalah adanya efek motion (gerak) pada latar belakang (backgound). Memotret panning juga membutuhkan speed yang lambat agar menghasilkan efek gerak. Kemudian lanjut mengatur diafragma agar mendapatkan pencahayaan yang normal. Pencet shutter bersamaan dengan mengubah arah kamera mengikuti gerak objek. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan memencet shutter pada saat objek berada di tengah kamera.



Double/Multi Ekspose adalah teknik pemotretan dengan mengkombinasikan beberapa perekaman gambar dalam satu bingkai. Teknik ini membutuhkan penuangan kreativitas, ide, konsep dan pemahaman komposisi serta pencahayaan. Jika sudah mendapatkan ide pastikan objek yang akan anda potret dalam keadaan pencahayaan yang normal, kemudian pencet tombol shutter. Objek 1 sudah didapat, ulang langkah-langkah tadi untuk mendapatkan objek 2,3,4 dan seterusnya. Putar tombol multi ekspose, kemudian tombol kokang baru pencet shutter. Begitu seterusnya.




Bulb adalah fasilitas pada kamera yang memberikan keleluasaan dalam menentukan berapa lama diafragma terbuka untuk proses penangkapan cahaya untuk proses pembakaran. Fasilitas bulb akan sangat membantu pada saat kita memotret dengan intensitas cahaya yang minim dan prioritas speed tidak mampu mendapatkan pencahayaan yang normal. Pastikan kamera anda dalam keadaan setting speed bulb. Jika diafragma  lebar maka efek dari sumber cahaya akan bulat, jika diafragma sempit maka efek sumber cahaya akan berbentuk bintang. Untuk lamanya pembukaan rana dapat diatur sendiri terserah fotografer. Untuk menghindari goncangan sebaiknya gunakan tripod.



Siluet adalah teknik pemotretan untuk menampilkan gambar objek dalam keadaan gelap. Teknik ini memanfaatkan arah sumber cahaya yang berasal dari balik obyek yang akan kita potret dan membutuhkan ketepatan pencahayaan agar objek yang kita potret tetap dalam kontur dan pencahayaan yang tepat. Teknik siluet memanfaatkan sumber cahaya yang berasal dari balik objek sehingga pengukuran speed dan diafragma terletak pada sumber cahaya maka efeknya objek yang ada di depannya akan lebih gelap.



Makro adalah teknik pemotretan dengan menggunakan lensa makro untuk mendapatkan gambar objek yang sangat dekat sekali. Foto makro juga bertujuan untuk mendapatkan tekstur dan detail dari objek yang kita potret. Dalam pemotretean makro ruang tajam akan menjadi sempit sekali oleh karena itu butuh ketepatan dalam pencahayaan dan focusing. Jika tidak ada lensa makro kita bisa menyiasatinya dengan membalik lensa normal untuk pemotretan makro. Jika masih kesulitan bisa menggunakan filter close up.


Framming adalah teknik pemotretan dengan memanfaatkan unsur lain pada objek yang kita potret sehingga membentuk kesan frame/bingkai tersendiri untuk menambah nilai keunikan dan menarik serta memperkuat kesan foto secara visual.


Strobis adalah teknik pemakaian flash secara eksternal jadi tidak di atas hotshoe kamera melainkan dengan bantuan trigger atau flash yang biasa digunakan sebagai master. Alat wireless trigger ini umumnya menggunakan gelombang radioaktif atau sinar infra merah untuk menyalakan flash slave (flash yang harus mengikuti flash utama). Keuntungan menggunakan teknik ini kita bisa memposisikan satu atau lebih flash dimana saja untuk mengatur arah, intensitas cahaya untuk menghasilkan foto yang kita inginkan.



Mau jaket keren ini ? Klik http://www.juragan-jaket.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar